Dalam kedokteran, sebenarnya tidak ada istilah flu tulang. Namun, beberapa penyakit seperti demam chikungunya dan osteomielitis sering disebut flu tulang. Ada baiknya untuk mengidentifikasi kedua jenis penyakit tersebut untuk mengetahui mengapa kedua penyakit tersebut sering disebut flu tulang. Yuk pahami terkait apa saja yang menyebabkan flu tulang.

Sumber Penyakit Flu Tulang

1. Flu Tulang pada Chikungunya

Kondisi ini digambarkan sebagai nyeri yang tidak tertahankan pada persendian dan otot yang mungkin disertai dengan gejala lain seperti demam. Banyak orang masih salah paham bahwa flu tulang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan demam chikungunya. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda. 

Demam Chikungunya adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk demam berdarah dan Aedes albopictus. Gejala yang paling khas dari penyakit ini adalah demam tinggi dan nyeri sendi yang parah. Karena dua gejala ini, orang sering mengaitkan demam chikungunya dengan flu tulang. Padahal, saat Anda mengalami demam chikungunya, flu tulang menjadi bagian dari gejalanya.

Demam Chikungunya disebabkan oleh infeksi virus Chikungunya (CHIKV). Virus ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk yang telah menghirup darah orang yang sebelumnya terinfeksi. Infeksi virus ini diketahui memiliki efek langsung pada persendian. Jadi, apa saja  yang menyebabkan flu tulang tidak butuh waktu lama untuk menyebar dalam persendian tubuh seseorang.

2. Demam Berdarah

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit demam berdarah. Demam berdarah atau DBD adalah penyakit lain selain demam chikungunya yang juga disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini tidak berbeda jauh dengan demam chikungunya yaitu disertai demam tinggi, nyeri sendi, dan ruam.

3. Influenza

Penyakit lain yang sering dikaitkan dengan flu tulang adalah flu. Influenza disebabkan oleh infeksi virus yang mempengaruhi saluran pernapasan seperti tenggorokan, hidung, dan paru-paru. Penyakit ini biasanya sembuh sendiri. Namun, influenza dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, orang tua di atas usia 65 tahun, dan orang-orang dengan penyakit kronis. 

Apa saja  yang menyebabkan flu tulang akan menimbulkan gejala yang bisa ditemukan dari penyakit ini sangat umum dialami oleh seseorang. Diantaranya yaitu demam, sakit kepala, pilek, dan juga batuk. Namun tidak jarang para penderita mengalami gejla yang lebih serius seperti munculnya nyeri pada sendi dan otot. Jika sudah mengalami kondisi seperti itu, maka segara lakukan konsultasi kepada dokter kepercayaan anda.

4. Osteomielitis

Osteomielitis adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi tulang. Namun, penyebab itulah yang membedakan osteomielitis dari kedua kondisi yang ada. Osteomielitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang salah satunya adalah staphylococcus. Mirip dengan karakteristik flu tulang, gejala osteomielitis termasuk demam, nyeri dan pembengkakan di daerah yang terkena, dan malaise. 

5. Rheumatoid Arthritis

Penyakit autoimun merupakan bagian dari flu tulang yang menimbulkan gejala seperti rheumatoid arthritis. Penyakit ini muncul ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh itu sendiri sehingga menyebabkan peradangan kronis pada persendian. Gejala ini perlu diwaspadai dan dikonsultasikan pada dokter dengan segera.

Ketika peradangan menyebar ke bagian lain dari tubuh, bukan hanya sendi saja yag diserang. Apa saja  yang menyebabkan flu tulang rheumatoid arthritis dapat mempengaruhi mata, kulit, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Tanda dan gejala rheumatoid arthritis menyerupai gejala di atas: nyeri sendi, bengkak, dan kaku. Rheumatoid arthritis juga dapat menyebabkan gejala demam.

Peyebab diatas bisa anda jadikan acuan sebagai tindakan kewaspadaan terhadap penyakit ini. Flu tulang merupakan gejala yang terjadi pada kondisi atau penyakit tertentu. Segera cari pertolongan medis jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda flu tulang seperti nyeri sendi yang parah dan demam tinggi. Hal ini penting untuk mencegah penyakit Anda semakin parah di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

CLOSE ADS
RajaBackLink.com
CLOSE ADS
RajaBackLink.com