Mengintip 5 Pentingnya Memiliki Laporan Keuangan Tahunan Pada Perusahaan

Di dalam perusahaan, laporan keuangan memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap pemegang saham. Sehingga, para pemegang saham maupun investor menjadi tahu pengeluaran dan pemasukan yang ada sepanjang tahun. Seperti laporan keuangan Mayora yang selalu aktif memberikan laporan setiap tahunnya.

Pentingnya Memiliki Laporan Keuangan di Dalam Setiap Perusahaan

1. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Terhadap Pemegang Saham

Mengapa membuat laporan keuangan dalam setiap perusahaan dianggap sangat penting? Hal ini dikarenakan ketika perusahaan memiliki banyak pemegang saham, maka laporan keuangan akan bertugas sebagai rapor yang diberikan pada pemegang saham atau investor. Sehingga mereka pun menjadi tahu apa saja pengeluaran dan laba yang didapatkan oleh perusahaan.

Dalam hal ini Mayora sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman ini secara rutin telah memberikan laporan keuangan. Dengan begitu, semua hal yang berkaitan tentang keuangan akan tersusun rapi dan mudah diketahui oleh investor ataupun pemegang saham.

2. Berfungsi Untuk Membandingkan Hasil yang Dicapai Dengan Target

Berdasarkan laporan keuangan Mayora yang telah disusun setiap tahunnya, report tersebut dapat berfungsi sebagai pembanding antara hasil yang dicapai dengan hal yang menjadi target. Sehingga, meskipun nantinya nilai penjualan tidak setinggi dengan target yang ingin dicapai, perusahaan maupun pemegang saham tetap tahu jika terjadi peningkatan atau penurunan setiap tahunnya.

Dengan mengetahui laba yang diperoleh setiap tahunnya, akan menjadi tolak ukur akan target yang ingin dicapai setiap tahunnya. Selain itu, apabila terjadi penurunan laba dari tahun lalu, hal ini juga bisa sebagai salah satu pemicu untuk menggunakan strategi maupun teknik promosi yang lebih kreatif untuk menarik pelanggan baru dalam membeli berbagai produk yang dimiliki oleh Mayora.

3. Mampu Memiliki Gambaran Kondisi Keuangan Pada Perusahaan

Pada laporan keuangan Mayora, perusahaan juga bisa memiliki gambaran tentang bagaimana kondisi keuangan dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan laporan keuangan merupakan salah satu informasi akurat yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan setelah detail dan menyeluruh.

Pasalnya, seluruh aktifitas dari keuangan tersebut akan tercatat dengan rapi dalam bentuk booklet, baik digital maupun cetak. Dan dapat dengan mudah untuk diakses oleh orang orang penting yang membutuhkan laporan tersebut. Terutama, jika perusahaan tersebut dimiliki beberapa pemilik saham. Tentu saja, pemilik saham tersebut pastinya ingin tahu kemana uang mereka digunakan.

4. Lebih Tahu Tentang Masa Depan Perusahaan

Dengan menggunakan laporan keuangan Mayora, perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman ini juga bisa tahu bagaimana kondisi perusahaan kedepannya. Hal ini dikarenakan laporan keuangan dapat berfungsi sebagai media untuk perusahaan lantaran menyajikan informasi mengenai keuangan dengan lebih detail dan memudahkan untuk memperolehnya karena disajikan dalam bentuk digital.

Dengan begitu, perusahaan pun akan tahu seperti kemajuan, kemunduran maupun krisis dan kebangkrutan yang dialami oleh perusahaan tersebut. Sehingga, perusahaan menjadi tahu bagaimana kondisi terkini yang sedang dialami. Dengan begitu, akan menjadi salah satu pertimbangan yang cukup matang di dalam mengambil keputusan nantinya.

Mayora sendiri adalah salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia dan mempunyai beberapa pemilik saham. Sehingga laporan keuangan memiliki peranan yang cukup penting untuk mengetahui kondisi perusahaan. Perusahaan ini sendiri telah memiliki laporan keuangan sejak beberapa tahun silam hingga sekarang sebagai bentuk pertanggung jawaban pada pemilik saham di Mayora.

0 komentar:

Posting Komentar