Simak Rincian Biaya Kemoterapi untuk Kanker Payudara di Rumah Sakit

Kemoterapi ialah salah satu prosedur pengobatan yang menggunakan obat-obatan yang sangat kuat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Rincian biaya kemoterapi yang diperlukan sangat bervariasi. Tergantung dari jenis obat yang digunakan, siklus terapi yang dibutuhkan serta jenis dari kanker yang dialami. 

Jenis-Jenis Kemoterapi Yang Mempengaruhi Biaya Pengobatan 

Jenis kemoterapi yang pertama ialah Kemoterapi Kuratif yang bertujuan untuk menghancurkan kanker yang berada di dalam tubuh. Kemoterapi jenis ini biasanya dilakukan pada masa awal pengobatan dan sangat sering dijadikan sebagai satu-satunya pengobatan yang dilakukan. Efek samping yang ditimbulkan oleh jenis kemoterapi ini seperti mual, muntah dan rambut rontok.

Selanjutnya, kemoterapi Adjuvan kemoterapi dilakukan untuk menghilangkan sel-sel yang masih tersisa di dalam tubuh. Kemoterapi ini juga berfungsi untuk menghilangkan sel kanker yang tidak mampu diatasi oleh pengobatan yang dilakukan sebelumnya, seperti operasi dan radiasi. Rincian biaya kemoterapi ini tentunya juga berbeda dengan jenis lainnya. 

Kemoterapi Neoadjuvan berfungsi untuk mengurangi atau mengecilkan sel kanker atau tumor yang ada. Biasanya jenis kemoterapi yang satu ini dilakukan sebelum melakukan pengobatan lainnya, seperti operasi, radiasi. Hal tersebut bertujuan agar sel-sel kanker atau tumor yang ada dapat dengan mudah diangkat. 

Jenis kemoterapi berikutnya, kemoterapi Paliatif yang dilakukan pada pasien yang memiliki kanker stadium lanjut. Kemoterapi ini dilakukan untuk meringankan gejala-gejala yang disebabkan oleh sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu juga dapat berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh dan meningkatkan kenyamanan pasien. 

Biaya Kemoterapi Kanker Payudara Di Rumah Sakit Sebagai Berikut

Penetapan biaya kemoterapi biasanya ditentukan oleh banyak nya faktor. Misalnya jenis kemoterapi yang dilakukan, stadium dari kanker yang dialami, maupun obat yang digunakan, dan banyaknya siklus terapi yang dilakukan membuat rincian biaya kemoterapi sangat bervariasi, oleh karena itu cobalah mencari yang lebih murah. 

Kemoterapi merupakan tindakan medis menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker yang berada dalam tubuh. Rata penderita kanker biasanya memerlukan 12 sapai 24 kali kemoterapi untuk menghilangkan sel kanker tersebut. Adapun biaya yang biasanya dikeluarkan tiap kali melakukan kemoterapi berkisar 2 juta rupiah.

Selain dari jenis terapi yang digunakan, rumah sakit yang digunakan sebagai tempat melakukan kemoterapi menjadi salah satu penyebab biaya kemoterapi di Indonesia bervariasi. Misalnya Rumah Sakit Immanuel yang berlokasi di Bandung memiliki biaya kemoterapi kisaran Rp. 551.000 dalam satu kali kemoterapi.

Sedangkan untuk rumah sakit Siloam Hospital TB Simatupang yang terletak di Jakarta memiliki biaya kisaran Rp. 803.000 untuk satu kali melakukan kemoterapi. Selain itu bahkan ada Rumah Sakit yang rincian biaya kemoterapi hampir dari satu juta dan bahkan lebih. Hal ini mungkin dikarenakan obat dan peralatan yang digunakan berbeda. 

Selanjutnya Rumah Sakit Mayapada Hospital Jakarta selatan berkisar Rp. 908.000. Sedangkan Rumah Sakit Premier Jatinegara yang juga terletak di Jakarta memiliki biaya kemoterapi kisaran Rp.1.220.000. Selain dari itu bahkan ada juga rumah sakit yang mematok biaya untuk kemoterapi mulai dari 2 juta rupiah, seperti Rumah sakit Siloam Hospitals Lippo Village.

Patokan biaya melakukan kemoterapi sangat berbeda-beda di antara Rumah Sakit yang satu dan Rumah Sakit Yang lain. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh fasilitas dan obat-obatan yang digunakan, serta jenis dari kemoterapi yang dilakukan. Tidak hanya biaya kemo, anda juga harus mengantisipasi biaya rawat inap yang untuk kemoterapi lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar