https://www.halodoc.com/artikel/update-vaksin-corona-340-juta-vaksin-sinovac-disiapkan-untuk-indonesia

Harapan masyarakat tentang berakhirnya pandemi Covid-19 kini semakin terang setelah pemerintah menyiapkan sekitar 340 juta dosis vaksin sinochem. Seperti yang kita tahu, sudah lebih dari 1 tahun pandemi covid ini menghantui dunia.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini kasus masyarakat yang terinfeksi Covid-19 terus meningkat. Sekitar lebih dari 390.000 jiwa yang terinfeksi Covid-19. Korban meninggal juga sudah mencapai lebih dari 13000 orang. Sedangkan, masyarakat yang berhasil sembuh mencapai lebih dari 300.000 orang.

Sebelum ditemukannya vaksin, pemerintah Indonesia berusaha dengan berbagai cara agar virus tidak menyebar luas. Selain itu pemerintah juga berusaha untuk membantu masyarakat agar mampu bertahan ditengah tekanan ekonomi.

Meskipun demikian, upaya-upaya tersebut belum membuahkan hasil. Setelah pemerintah mempersiapkan vaksin sinovac, diharapkan pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Dengan begitu masyarakat dapat menjalani kehidupan secara normal dan ekonomi Indonesia juga dapat kembali pulih.

Uji Klinis Tahap 3 Vaksin Sinochem

Vaksin sinovac atau sinochem ini merupakan vaksin yang diproduksi oleh Bioteknologi Tiongkok. Sebelum didistribusikan kepada masyarakat tentu vaksin ini harus melalui uji klinis yang bertahap hingga dipastikan vaksin tersebut aman dan efektif.

Saat ini vaksin sudah memasuki uji klinis tahap ke-3 dan pemberian dosis pertama sudah dilakukan hingga tanggal 21 Oktober tahun 2020 kemarin. Sekitar 1600 orang sukarelawan telah diberikan dosis pertama. Sedangkan dosis kedua diberikan kepada sekitar 1074 lebih sukarelawan.

Uji klinis tahap ketiga ini merupakan uji klinis yang terakhir. Setelah tahap ini maka vaksin akan dapat dilihat efektifitasnya dan efek samping yang muncul setelah dilakukan pemberian vaksin.

Syarat vaksin efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah paling tidak vaksin ini mampu melindungi sekitar 50% dari orang yang yang diberi vaksin. Dilakukannya uji klinis hingga tahap 3 ini juga bertujuan agar efek samping yang tadinya terlewat diuji klinis yang sebelumnya dapat terlihat di tahap yang terakhir.

Sebelum diberikan kepada masyarakat, vaksin covid sudah dipastikan keamanannya. Vaksin yang di impor oleh pemerintah sudah melalui uji klinis tahap terakhir dan secara penelitian sudah pasti aman.

Dosis dan Harga dari Vaksin Shinocem

Vaksin sinochem yang berasal dari Tiongkok ini  merupakan salah satu vaksin yang memasuki uji klinis tahap terakhir. Ada 10 vaksin di dunia yang sudah memasuki uji klinis fase ke-3 antara lain seperti moderna, Astrazenica, Johnson pharmaceutical companies, dan yang lainnya.

Setelah uji klinis tahap ketiga ini selesai nantinya Bio Farma akan mengajukan hasil uji klinis kepada BPOM. Setelah itu BPOM akan memberikan izin untuk penggunaan vaksin kepada masyarakat.

Dosis yang akan diberikan kepada masyarakat saat ini masih menjadi pertanyaan. Kementerian kesehatan memiliki target pemberian vaksin kepada sekitar 340 juta orang atau paling sedikit 170 juta orang.

Saat ini pemerintah memiliki sekitar 340 juta dosis vaksin dan jika 1 orang mendapatkan 2 dosis vaksin maka orang yang mendapatkan suntikan vaksin adalah sekitar 170 juta jiwa.

Pemerintah kini sedang mempersiapkan strategi agar vaksin dapat tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu prioritas pemerintah untuk suntikan pertama adalah kepada tenaga kesehatan. Hal ini dikarenakan merekalah yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan pandemi ini.

Harga Vaksin Sinochem

Hingga saat ini belum ada informasi mengenai berapa harga yang harus dibayarkan oleh masyarakat untuk mendapatkan vaksin sinochem. Menurut informasi, vaksin ini akan diberikan secara gratis kepada masyarakat terdaftar sebagai anggota BPJS.

Akan tetapi informasi ini tentu masih dapat berubah tergantung dari kebijakan pemerintah. Hal yang bisa dipastikan adalah bahwa harga vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat merupakan harga yang wajar.

Apabila Anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap tentang vaksin sinochem dan hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kapanpun dan dari manapun tanpa harus datang langsung ke klinik atau rumah sakit.

0 komentar:

Posting Komentar