Meningkatkan Mutu Pendidikan, Berikut Program Kerja PINTAR Tanoto Foundation

Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau PINTAR merupakan salah satu program unggulan dari Tanoto Foundation, yang dihadirkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, program ini juga dibuat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan kepemimpinan di sekolah. Agar lebih tahu, yuk simak lebih lanjut mengenai program kerja PINTAR.
 

Beragam Program Kerja Yang Dirancang PINTAR  

1. Pembelajaran Aktif

Kualitas pendidikan yang baik, akan membantu meningkatkan taraf hidup seorang individu. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan, lembaga filantropi tersebut membuat program PINTAR. Melalui program tersebut, organisasi akan melatih serta mendorong guru dan kepala sekolah mitra untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pada PINTAR ini, terdapat beberapa program kerja yang dilakukan, salah satunya adalah pembelajaran aktif. Pada kegiatan tersebut, para guru akan dilatih dan didampingi dalam menerapkan unsur pembelajaran yang aktif, mulai dari kegiatan mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi, atau yang disebut dengan pembelajaran MIKIR.

Selain itu, untuk mendukung kegiatan tersebut, tenaga pendidik juga akan diberi pelatihan untuk mengembangkan pertanyaan atau tugas yang berbasis HOTS. Sehingga, mampu mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. Kegiatan pembelajaran aktif yang dirancang oleh Tanoto Foundation, bertujuan untuk mempersiapkan keterampilan siswa dan guru di abad 21.

2. Manajemen Berbasis Sekolah

Disamping melatih guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, PINTAR juga membantu mengembangkan kepemimpinan serta manajemen sekolah. Sehingga, akan lebih partisipatif, akuntabel, dan menunjang peningkatan mutu pembelajaran siswa di sekolah. Program ini akan melatih kepala sekolah menjadi pemimpin dalam pembelajaran.

Dalam hal tersebut, kepala sekolah dilatih dalam menjalankan tugasnya sebagai supervise. Dimana, akan selalu mendampingi serta melakukan kunjungan kelas saat guru sedang mengajar. Tak hanya itu, dilihat dari segi manajemen sekolah, program PINTAR akan melatih masyarakat dan orang tua, agar terlibat secara langsung dalam mendukung pembelajaran di sekolah.

3. Budaya Baca

Seperti yang diketahui, sekolah menjadi salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan budaya membaca. Selain itu, tempat belajar formal ini juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dalam hal ini, tenaga pendidik di sekolah akan dilatih serta didampingi untuk mengembangkan berbagai program yang meningkatkan minat baca.

Dimana, cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan prinsip keteladanan membaca, penyediaan buku baca, dan penerapan kebiasaan membaca. Tah hanya itu, program ini juga akan membantu dalam perbaikan infrastruktur sekolah, seperti renovasi perpustakaan. Dengan adanya perpustakaan yang layak, diharapkan mampu menumbuhkan minat baca siswa.

4. Sistem Perkuliahan Untuk Calon Guru

Program PINTAR yang dibawakan oleh lembaga filantropi tersebut, telah bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti sekolah, lembaga, pemerintah, dan asosiasi lainnya. Sebagai upaya dalam membantu peningkatan kualitas pendidikan, program ini juga bermitra dengan LPTK, untuk mendukung perkuliahan bagi calon guru.

Dengan program kemitraan tersebut, bertujuan untuk memberikan perkuliahan model praktik yang tepat bagi mahasiswa calon guru. Sehingga, ketika terjun langsung di dunia pendidikan, calon tenaga pendidik tersebut akan mempunyai kemampuan menerapkan pembelajaran aktif, budaya baca, serta manajemen berbasis sekolah.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-.

0 komentar:

Posting Komentar