Tips Memilih Asuransi Kesehatan Bagi Millenials

Sebagai seorang milenials, mengetahui tentang investasi serta asuransi adalah hal yang penting. Apalagi berhubungan dengan masa depan dan ehidupan jangka panjang. Seseorang dikatakan millenials jika banyak mengetahui informasi berkaitan dengan kepentingan dan kelangsungan hidupnya sendiri.

Millenials juga harusnya sudah bersahabat dengan asuransi, terutama asuransi kesehatan. Banyaknya kebutuhan akan kesehatan yang harus selalu diperhatikan membuat kita turut mempersipkan dana darurat berkaitan dengan kondisi tubuh. 

Tubuh kita tidak selamanya akan selalu sehat, banyak factor yang dapat membuat kita jatuh sakit seperti kondisi cuaca yang tak menentu, lingkungan yang kurang baik, dan lain sebagainya. Ketika jatuh sakit, perlu adanya penanganan pengobatan dari rumah sakit yang tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit.
Selain itu kita tidak tahu kondisi keuangan kita seperti apa di masa depan. Bagaimana jika ketika kita jatuh sakit saat berada pada kondisi keuangan yang sulit? Maka dari itu peran asuransi kesehatan ini sangat diperlukan untuk ita sedini mungkin.

Semakin lama, banyak sekali perusahaan penyedia layanan asuransi. Hal ini juga berguna untuk kita dalam mempermudah meringankan finansial dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan. Namun memilih produk asuransi kesehatan juga harus jeli dan teliti agar fasilitas yang diberikan dapat kita rasakan dengan maksimal.

Kenali produk asuransi kesehatan

Ada banyak jenis produk kesehatan yang masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Tugas kita yaitu mengenali dengan bijak apa produkk asuransi yang harus kita pilih dengan baik agar tidak mengalami kerugian nantinya.

Di website cekaja.com, jenis perawatan yang disediakan oleh pihak perusahaan ada dua macam, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Beberapa dari jenis asuransi juga menanggung pembiayaan seeprti konsultasi dokter, biaya operasi, cuci darah, layanan ambulan, dan sebagainya. 

Sesuaikan kebutuhan dan keuangan

Banyaknya produk asuransi yang tersedia bisa saja embuat kita ebingungan mana yang terbaik untuk kita. Hal yang paling penting dari semuanya yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuangan. Karena itulah yang nejadi kunci lancarnya pembiayaan premi setiap bulan.

Pilihlah produk asuransi yang ringan pembiayaan namun memiliki banyak fasilitas, sehingga nantinya dana untuk kebutuhan sehari-hari tidak mengganggu pembayaran premi asuransi kesehatan.

secara umum, ada tiga sistem pembiayaan yang diberikan oleh pihak asuransi.

1. Reimburse

Sistem reimburse ini memberikan fasilitas klaim asuransi dimana kita sebagai peserta auransi menanggung pembiayaan dengan uang pribadi terlebih dahulu. Setelah itu baru biaya tersebut ditagihkan kepada perusahaan penyedia asuransi.

2. Cashless

Sistem ini memiliki fasilitas dimana kita hanya perlu menunjukkan kartu asuransi kesehatan saja, nantinya segala pembiayaan akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi tersebut.

3. Santunan

Selanjutnya sistem klaim santunan ini berupa pemberian santunan oleh perusahaan asuransi selama di rawat di rumah sakit. Tentunya besara santunan tergantung pada perjanjian dan kesepakatan sebelumnya antara kita pemegang polis dengan pihak perusahaan asuransi.

Masing-masing jenis sistem pembayaran ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kita. 

Kenali manfaat produk

Tahu akan jenis serta manfaat yang didapatkan ketika kita memilih sebuah produk asuransi kesehatan adalah hal yang paling penting.  Cari tahu fasilitas yang disediakan saat kita membeli sebuah produk asuansi kesehatan.

Seperti misalnya, apakah sudah termasuk dengan biaya kesehatan keluarga, perlindungan dari kecelakaan, layanan kesehatan, atau yang lainnya. Sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus kita keluarkan saat berobat di rumah sakit.

Selain itu, dengan adanya asuransi kesehatan, kita dapat dengan bijak mengatur keuangan. Kita hanya perlu enyisihkan sedikit uang untuk membayar premi setiap bulannya. Premi tersebut merupakan dana darurat untuk kebutuhan kesehatan kita di masa depan. 

Memilih asuransi dengan bijak merupakan hal utama yang harus dilakukan dan perlu strategi khusus seperti diatas. Agar kita mendapatkan keuntungan yang sesuai.  Jika perlu, mintalah saran kepada finansial planner serta yang paham akan keuangan khususnya asuransi kesehatan.


Sebuah portal atau website informasi tentang berbagai macam produk asuransi kesehatan yang bisa kita pilih dengan bijak.

0 komentar:

Posting Komentar