Apply Kartu Kredit Bebas Biaya Tahunan

Cara transaksi non tunai atau cashless kini semakin membudaya di kalangan masyarakat, baik itu dalam bentuk kartu (kartu debit/kartu kredit/kartu  e-money, dsb) maupun e-wallet (OVO, LinkAja, GoPay, QR Payment, dsb). Meski penggunaan e-wallet tergolong lebih mudah diakses seluruh kalangan masyarakat untuk melakukan transaksi. Hal ini nampaknya tak mengurangi minat masyarakat untuk menggunakan kartu khususnya kartu kredit. Tak heran ada banyak bank yang menawarkan promo untuk apply kartu kredit dengan berbagai keuntungan menarik.

Berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah apply kartu kredit antara lain, untuk transaksi online/offline menggunakan kartu kredit jauh lebih praktis, dapat menggunakan dana lebih besar dari jumlah dana di rekening, dapat banyak promosi seperti cashback, dapat cicilan bunga hingga 0%, dapat tarik tunai, dapat digunakan membayarkan tagihan (yang didaftarkan) secara otomatis, dan dapat digunakan untuk membangun reputasi kredit yang baik (jika berencana mengajukan pinjaman dana ke bank misalnya).

Selain itu, terdapat pula keuntungan bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit tapi berencana apply kartu kredit tambahan, yaitu dapat apply kartu kredit yang bebas dari biaya tahunan.

Menarik bukan? Nah, terkait apply kartu kredit yang bebas biaya tahunan ini, kami akan mengulas beberapa info yang penting untuk Anda ketahui. Simak di bawah ini ya!

Apa Itu Biaya Tahunan?

Anda yang sudah pernah apply kartu kredit tentu tahu ada beberapa biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu kredit, dan tercantum dalam billing statement yang dikirim bank secara rutin setiap bulan. Meski aturan besaran biaya yang dibebankan pada setiap bank tak sama, tetapi umumnya peruntukkan biayanya sama.

Misalnya, untuk biaya materai, biaya denda keterlambatan pembayaran, biaya overlimit, biaya permintaan kenaikan limit, dan tentunya biaya tahunan.

Biaya tahunan atau sering disebut juga annual fee pada apply kartu kredit merupakan iuran yang wajar dikenakan pihak bank penerbit pada pemilik kartu kredit sebagai kompensasi (untuk menjaga profit) atas segala fasilitas yang diperoleh dari menggunakan kartu kredit. Dapat pula dikatakan sebagai biaya kegiatan operasional bank.

Besaran biaya tahunan kartu kredit biasanya disesuaikan dengan level kartu kredit yang dimiliki. Semakin tinggi levelnya maka akan semakin besar jumlah iuran tahunan yang harus dibayar. Sebagai gambaran, jika Anda apply kartu kredit level Silver, besaran biaya tahunan yang harus Anda bayar antara Rp. 75,000 - Rp. 100,000.

Untuk level Gold, besarnya antara Rp. 200,000 - Rp. 300,000. Untuk level Platinum, besarnya antara Rp. 400,000 - Rp. 800,000. Lalu untuk level Black, besarnya antara Rp. 1,000,000 - Rp. 3,000,000. Sedangkan khusus bagi anda yang apply kartu kredit level Ultimate/Signature, biasanya Anda akan dibebaskan dari biaya tahunan karena Anda merupakan nasabah prioritas.

Syarat Apply Kartu Kredit Bebas Biaya Tahunan

Untuk menarik nasabah agar mau apply kartu kredit, banyak bank menawarkan promosi apply kartu kredit bebas biaya tahunan. Umumnya penawaran hanya berlaku di tahun pertama. Setelahnya di tahun kedua dan seterusnya nanti akan dikenakan biaya tahunan. Bila pun menawarkan promosi kartu kredit bebas biaya tahunan yang berlaku selamanya pasti terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi nasabah.

Setiap bank menetapkan persyaratan yang berbeda kepada nasabah yang ingin apply kartu kredit bebas biaya tahunan selamanya. Beberapa contoh diantaranya seperti :

1. BRI Touch Visa Gold

Syarat utama agar Anda bisa apply kartu kredit BRI (Bank Rakyat Indonesia) Touch Visa Gold yang bebas biaya tahunan ini adalah telah apply kartu kredit BRI jenis lain sebelumnya dan berstatus aktif. Selain itu, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti :
  • - fotokopi KTP/KITAS
  • - bukti penghasilan (slip gaji/SKP/SPT) bagi karyawan maupun profesional
  • - fotokopi rekening tabungan (2 bulan terakhir) bagi wiraswasta
  • - fotokopi Surat Izin Profesi bagi profesional

2. Maybank Visa Gold

Maybank Visa Gold termasuk kartu kredit yang bebas biaya tahunan. Untuk apply kartu kredit ini, Anda harus memenuhi syarat antara lain :
  • - fotokopi  KTP/Paspor (yang masih berlaku)
  • - minimum usia 21 tahun dan maksimum usia 65 tahun untuk pemegang kartu utama
  • - minimum usia 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • - memiliki pendapatan minimum Rp. 5 juta per bulan.

3. HSBC Visa Platinum

Kartu kredit HSBC Visa Platinum juga termasuk kartu kredit bebas biaya tahunan. Syarat yang harus dipenuhi untuk apply kartu kredit ini antara lain :
  • - minimum usia 21 tahun dan maksimum usia 60 tahun untuk pemegang kartu utama
  • - minimum usia 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • - memiliki pendapatan minimum Rp. 20 juta per bulan

4. CIMB Niaga JCB Precious

Contoh kartu kredit bebas biaya tahunan selanjutnya adalah CIMB Niaga JCB Precious. Anda bisa apply kartu kredit ini dengan syarat antara lain :
  • - minimum usia 21 tahun dan maksimum usia 65 tahun untuk pemegang kartu utama
  • - minimum usia 17 tahun dan maksimum usia 70 tahun untuk pemegang kartu tambahan
  • - fotokopi KTP/Paspor (yang masih berlaku)
  • - memiliki pendapatan minimum Rp. 7,5 juta per bulan
  • - fotokopi slip gaji (3 bulan terakhir) atau SPT PPh 21 bagi karyawan maupun ekspatriat
  • - fotokopi rekening tabungan/koran (3 bulan terakhir) bagi pengusaha dan profesional
  • - fotokopi kartu kredit CIMB Niaga utama (existing) bagi pemegang kartu tambahan

5. CIMB Niaga Mastercard Platinum

Contoh kartu kredit bebas biaya tahunan yang terakhir adalah CIMB Niaga Mastercard Platinum. Karena sama-sama diterbitkan oleh CIMB maka syarat yang harus dipenuhi untuk apply kartu kredit ini sama dengan syarat apply kartu kredit CIMB Niaga JCB Precious yang sudah dibahas di poin ke-4.

Sekian info kami terkait apply kartu kredit bebas biaya tahunan yang penting untuk Anda ketahui. Untuk info lebih lengkap atau ingin melakukan perbandingan sebelum apply kartu kredit sekaligus apply kartu kredit yang sesuai kebutuhan, Anda bisa menggunakan layanan kami di https://www.cekaja.com/kartu-kredit/.

Ada banyak penawaran menarik dari kami lho. Jadi jangan ragu  apply kartu kredit di CekAja.com  ya!

0 komentar:

Posting Komentar