4 Tips Liburan Keluarga Agar Lebih Seru dan Berkesan

Liburan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Anak-anak tentu akan sangat senang apabila anda meluangkan waktu untuk berlibur bersama mereka. Menghabiskan waktu akhir pekan untuk piknik misalnya, tentu akan mempererat hubungan kedekatan antar anggota keluarga. Agar liburan keluarga anda menjadi lebih seru dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang dapat anda coba.

Kiat Jitu Liburan Menyenangkan

1. Kenalkan Budaya Lokal pada Anak

Biasanya kebanyakan orang akan lebih memilih sesuatu yang praktis saat berlibur bersama keluarga. Misalnya seperti dimanja dengan berbagai macam fasilitas hotel, ataupun dengan makan di restoran cepat saji. Memang tidak ada salahnya melakukan hal tersebut, namun rasanya hal itu terlalu biasa. Dan sangat sayang sekali jika anda harus melewatkan suasana lokal yang terdapat di sekitar lokasi liburan.

Sebaiknya anda ajak anak untuk lebih bersosialisasi dengan daerah sekitar. Seperti misalnya mengajak anak untuk berbincang dengan warga lokal yang anda temui di jalan. Biarkan mereka bertanya akan banyak hal, dan mempelajari tentang masyarakat lokal. Banyak hal yang akan ia temuakan, seperti budaya lokal dan lain sebagainya. Atau lebih simpelnya, ajak anak untuk berwisata kuliner lokal di daerah sekitar penginapan. Ini akan membuat liburan keluarga anda lebih berkesan.

2. Hindari Liburan dengan Tema Monoton

Selain itu, agar liburan anda lebih mengasyikkan, maka anda harus menghindari sesuatu yang monoton. Apakah anda termasuk tipe orang tua yang hanya memiliki waktu saat weekend untuk bersama dengan anak-anak? Biasanya, karena hanya memiliki waktu yang terbatas tersebut. Para orang tua hanya akan mengajak anak untuk rekreasi ke tempat yang umum, seperti taman rekreasi, puncak, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, hal itu memang tidak salah. Namun, sesungguhnya cukup penting bagi anda untuk memberikan lokasi yang lebih beragam pada anak. Dengan mengajak mereka mengunjungi destinasi yang berbeda tiap minggunya, anda pun telah mengajarkan untuk berani keluar dari zona nyaman. Jangan biarkan anak hanya fokus dengan gadget atau ponsel mereka. Ajak anak lebih mengeksplor daerah sekitar rumah pun bisa menjadi solusi liburan yang variatif.

3. Ajarkan Anak Lebih Ekspresif

Selanjutnya agar liburan keluarga anda lebih menyenangkan, maka anda perlu mengajarkan anak agar lebih ekspresif. Akan lebih baik lagi jika anda juga memberikan kesempatan pada anak untuk memberikan usulan destinasi yang akan dituju. Bahkan jangan ragu untuk membawa anak untuk bermain kotor di rawa, sawah, pasir, ataupun lumpur. Ini akan mengenalkan anak pada alam, dan membuat anak tidak menjadi manja.

Mungkin anak ada awalnya akan merasa risih, jijik, atau bahkan menangis saat pertama kali berkotor-kotor ria. Namun dari sini anda bisa melihat bagaimana reaksi anak anda terhadap lingkungan yang berbeda dari biasanya. Dan pengalaman ini akan menjadi bekal dan kenangan manis yang tidak akan pernah dilupakan oleh anak-anak. Anda pun bisa semakin akrab dengan buah hati.

4. Selalu Bersama

Tips terakhir agar liburan anda tidak akan pernah terlupakan, yakni selalu bersama. Untuk mempererat jalinan kasih di antara keluarga, sebaiknya pilih penginapan yang memiliki kamar cukup luas. Di sana anda bisa tidur bersama dengan keluarga dan lebih mengakrabkan diri. Jika anda memilih berlibur ke alam, sesekali anda dapat mencoba melakukan camping. Tidur di tenda bersama akan menambah keseruan liburan keluarga anda.

Itulah beberapa tips liburan yang bisa anda lakukan. Anak-anak tidak selalu butuh liburan mewah nan mahal, berkumpul bersama orang tua adalah hal yang utama. Banyak sekali daerah di sekitar yang dapat dieksplor untuk tumbuh kembang si kecil. Asal bersama dan selalu dalam pengawasan, izinkan anak anda bermain seekspresif mungkin. Untuk tips liburan lainnya, anda dapat berkunjung ke website hellokika.com

0 komentar:

Posting Komentar