Masih Melakukan Pembukuan Manual? Yuk Beralih ke Pembukuan yang Modern dengan Aplikasi BukuWarung!

Setiap jenis usaha pasti memiliki metode pencatatan keuangan. Termasuk juga usaha yang dijalankan oleh Anda, para ibu rumah tangga. Semua arus keluar masuknya uang perlu dicatat. Dengan alasan kemudahan, Anda memilih metode pembukuan secara manual. Padahal, penggunaan buku fisik ini rawan terjadi masalah, mulai dari kertas yang mudah robek, tulisan yang tidak jelas, hingga buku mengalami kerusakan atau bahkan yang paling parah adalah hilang.

Di zaman yang semuanya serba digital ini, sudah seharusnya pencatatan menggunakan buku fisik mulai ditinggalkan. Ibu rumah tangga pun kini sudah melek teknologi dan memiliki ponsel pintarnya ini. Untuk itu, Anda sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan usaha bisa beralih metode pencatatan arus kas dengan menggunakan teknologi. Selain lebih aman karena data bisa di-backup, penggunaan teknologi ini juga lebih hemat karena Anda tidak perlu menyisihkan anggaran untuk membeli alat tulis.

Pemanfaatan teknologi untuk mencatat arus kas juga meminimalisir penyebaran virus corona. Buku kas sering dipegang oleh banyak orang dan ini membuatnya menjadi salah satu media penyebaran virus. Partikel virus corona bisa bertahan di kertas selama 4-5 hari sebelum menemukan inangnya yang baru. Demi menjaga seluruh karyawan agar tetap sehat, Anda sebaiknya mulai beralih ke pembukuan digital dengan memanfaatkan teknologi.

Aplikasi BukuWarung

Salah satu teknologi berbasis aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk mencatat pembukuan dari usaha kecil Anda adalah BukuWarug (https://bukuwarung.com/peluang-usaha-rumahan-ibu-rumah-tangga/). 

Ini merupakan aplikasi pembukuan toko yang terkenal dan telah digunakan oleh lebih dari 100.000 pengusaha di seluruh Indonesia, termasuk usaha kecil yang dijalankan oleh ibu rumah tangga. Cara kerjanya sama seperti buku pencatatan kas manual yang biasa Anda gunakan. Hanya saja, Anda melakukannya dengan bantuan teknologi.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi BukuWarung ini? Berikut beberapa di antaranya :

  1. 1. Mencatat pemasukan
  2. 2. Mencatat pengeluaran
  3. 3. Mencatat utang dan piutang
  4. 4. Menghitung omset penjualan

Sama seperti buku kas manual yang biasa Anda gunakan, bukan? Bedanya, Anda bisa melakukan back up secara otomatis sehingga tidak perlu takut kehilangan data. Jika Anda tertarik menggunakannya, Anda bisa mengunduhnya di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung

Manfaat Menggunakan Aplikasi BukuWarung

Lalu, kenapa Anda harus menggunakan aplikasi BukuWarung untuk pembukuan usaha Anda? Karena BukuWarung menawarkan banyak manfaat sekaligus, yaitu :

1. Laporan keuangan bisa didapatkan dengan cepat

Dengan menggunakan aplikasi BukuWarung, Anda bisa mendapatkan laporan keuangan dengan lebih cepat karena aplikasi ini bisa melakukan perhitungan laporan secara otomatis. Anda juga bisa mengetahui kondisi usaha Anda, apakah untung atau rugi.

2. Pengawasan lebih mudah

Aplikasi BukuWarung bisa dipasang di ponsel pintar Anda sehingga membuat pengawasannya lebih mudah. meskipun Anda sedang tidak berada di tempat usaha Anda, Anda masih tetap bisa mengawasi jalannya usaha.

3. Kemudahan evaluasi bisnis

Evaluasi bisnis mudah dilakukan karena laporan keuangan bisa didapatkan dengan cepat dan mudah.

4. Penyimpanan data dengan jumlah yang tidak terbatas

Hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa menginput banyak data dalam jumlah yang tidak terbatas. Anda pun lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli alat tulis untuk mencatat pembukuan usaha Anda.

5. Mengurangi kelalaian

Risiko yang mungkin terjadi dari pembukuan secara manual adalah hilangnya buku kas. Hal ini tidak mungkin terjadi jika Anda menggunakan aplikasi BukuWarung dan melakukan backup data setiap hari.

Demikian 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini didesain praktis dan mudah digunakan bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Anda pun perlu mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan pembukuan berbasis teknologi aplikasi.

Anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung untuk mencatatkan arus keuangan harian dari usaha milik Anda. Kabar baiknya adalah Anda bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis di Google Playstore atau melalui link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung. 


0 komentar:

Posting Komentar