Menjaga Diri Menghadapi New Normal, Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan

Indonesia bersiap menghadapi New Normal. Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah mulai dilonggarkan. Presiden Joko Widodo menginstruksikan menambah dan memperluas jangkauan tes Covid-19. Bukan hanya rapid test, presiden juga meminta target 20.000 tes menggunakan metode PCR setiap harinya. Hal ini dilakukan demi memudahkan tracing orang-orang yang positif Covid-19.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi new normal? Tidak kurang dari 3 bulan lamanya Anda sudah menaati aturan untuk berkegiatan di rumah saja, mulai dari bekerja, belajar, hingga berolahraga. Semuanya dilakukan di rumah demi menekan penyebaran virus corona. Saat itu, Anda hanya disarankan hanya keluar rumah untuk hal-hal yang penting saja.

Setelah melewati masa itu, kini Anda bersiap untuk beraktivitas kembali seperti semula. Kantor-kantor akan kembali dibuka. Pusat keramaian dan obyek wisata sudah diperbolehkan beroperasi. Sekolah pun akan memulai tahun ajaran baru pada Juli mendatang. Meskipun SARS-Cov-2 belum menghilang dari Indonesia, ini merupakan kabar yang cukup menggemberikan.

Rapid test semakin banyak dilakukan, terutama di pusat-pusat keramaian. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi virus corona dan mengurangi jumlah penularannya. Orang-orang yang reaktif kemudian akan diminta untuk melakukan swab test demi mendapatkan hasil yang lebih pasti. Dengan segala usaha yang dilakukan pemerintah demi menjaga kesehatan sekaligus perekonomian bangsa, Anda bisa sedikit bernapas lega untuk menyambut new normal.

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dalam menyambut new normal. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Jaga imunitas tubuh

Yang pertama, jaga imunitas tubuh. Selama belum ditemukannya obat dan vaksin untuk COVID-19, Anda hanya bisa mengandalkan imunitas tubuh. Pasukan imun ini harus dijaga kekuatannya agar tidak menurun. Jika tidak, Anda akan mudah terserang berbagai penyakit, termasuk virus yang menjadi pandemi saat ini. 

Ada berbagai cara untuk menjaga imunitas tubuh, seperti menjaga asupan makanan, vitamin, dan berolahraga. 

2. Patuhi protokol kesehatan ketika berada di tempat umum

Yang kedua, patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Ketika Anda berada di tempat umum, protokol kesehatan ini wajib dijalankan, yaitu memakai masker, cuci tangan pakai air mengalir dan sabun, hindari kerumunan, serta menjaga jarak atau physical distancing.  

3. Bawa perlengkapan pelindung diri saat bepergian

Yang ketiga, bawa perlengkapan pelindung diri saat bepergian, seperti masker dan cadangan masker, hand sanitizer, tisur, alat makan pribadi, alat ibadah pribadi, dan perlengkapan pribadi lainnya.

Baca juga : Faktor Seseorang Memiliki Risiko Terkena Penyakit Demam Berdarah

4. Menghindari kegiatan yang tidak perlu

Yang keempat, hindari kegiatan yang tidak perlu, misalnya nongkrong berjam-jam di cafe. Jika Anda biasa melakukan kegiatan ini setelah bekerja, sebaiknya jangan lakukan dulu. Segera pulang ke rumah, mandi dengan air bersih, dan beristirahatlah dengan cukup.

5. Karantina mandiri ketika sakit

Yang kelima, lakukan karantina mandiri jika Anda sakit. Jangan keluar rumah. Jangan bertemu banyak orang. Jika memungkinkan, periksakan diri. Jangan ragu juga untuk melakukan rapid test untuk deteksi kemungkinan COVID-19.  

Itulah 5 hal yang perlu Anda persiapkan untuk menghadapi new normal. Terkesan rumit dan berlebihan? Tidak juga. Kerumitan ini demi menjaga diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Jangan sampai gara-gara mengikuti new normal tanpa persiapan, Anda menjadi carrier bagi orang-orang tersayang di rumah.

Tidak ada yang salah jika Anda masih takut untuk ke rumah sakit meskipun sudah memasuki new normal. Anda masih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara online dari Halodoc. Aplikasi kesehatan digital ini memiliki berbagai layanan kesehatan yang lengkap, mulai dari mendapatkan informasi valid tentang dunia kesehatan, konsultasi dokter, hingga rapid test gratis. Anda cukup mengunduh dan memasang aplikasi ini di smartphone Anda untuk mendapatkan semua layanannya.

0 komentar:

Posting Komentar