Terapi Stroke

Stroke merupakan sebuah gangguan pada fungsi tubuh yang disebabkan karena kerusakan pada otak, khususnya adalah area yang memang mengendalikan bagian tubuh tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah yang ada di otak atau dipicu karena kekurangan asupan oksigen maupun nutrisi ke sel-sel otak yang membuat sebagian area otak tersebut mati, kondisi ini memang bisa dialami oleh siapa saja, namun paling rentan memang menjangkiti mereka yang sudah berusia lanjut. Biasanya mereka yang sudah terkena masalah kesehatan ini memang tidak bisa melakukan kegiatan sebagaimana mestinya dan harus menjalani terapi, saat ini juga layanan fisioterapi ke rumah sehingga anda dengan mudah untuk melakukannya tanpa harus bepergian.

Terapi ini sendiri fungsinya adalah untuk mengembalikan fungsi anggota tubuh tersebut sebagaimana mestinya. Biasanya terapi atau rehabilitasi yang dijalani oleh penderita stroke tersebut juga berbeda-beda, ada yang bisa dilakukan sendiri di rumah, apalagi jika seandainya masih tergolong sebagai stroke ringan, namun juga ada yang harus mengandalkan jasa seorang fisioterapis, apalagi jika seandainya kondisinya sudah cukup parah seperti diantaranya adalah mengalami lumpuh, sehingga hanya bisa terbaring di atas tempat tidur saja.

Namun nyatanya juga ada beberapa jenis terapi stroke di rumah yang dapat dijalankan, khususnya adalah bagi mereka yang mengalami stroke ringan, berikut ini yang dapat dilakukan, yaitu:
  1. 1. Merubah gaya hidup, mereka yang sudah terkena stroke biasanya faktor penyebabnya tak lain adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kemudian juga konsumsi makanan yang tidak sehat dan sejenisnya, sehingga mereka yang sudah terkena stroke ringan juga sangat mungkin stroke tersebut nantinya akan kambuh atau menyerang kembali, bahkan lebih parah hingga menyebabkan kelumpuhan total. Untuk itu pasca terkena stroke ringan, salah satu hal yang harus dijalankan adalah merubah gaya hidup, misalnya adalah dengan konsumsi makanan yang sehat, kemudian juga dengan berhenti merokok, khususnya adalah bagi perokok.
  2. 2. Konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter secara teratur, ketika Anda menjalani pengobatan ke dokter, maka pastinya akan diberikan beberapa jenis obat yang dapat meredakan gejala tersebut bukan. Diantaranya adalah obat-obatan pengencer darah yang dipakai untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, misalnya adalah Aspirin dan juga Coumadin. Selain itu juga ada jenis obat-obatan anti hipertensi dan sejenisnya yang berfungsi untuk mencegah agar kondisi stroke tersebut tidak semakin parah. Sebaiknya konsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter, jangan sampai telat atau diabaikan, karena jika tidak akan membuat penyembuhan berlangsung lambat.
  3. 3. Mulailah untuk lebih aktif di dalam bergerak dan berolahraga, sebenarnya tak harus olahraga yang berat, melainkan dapat dimulai dari hal-hal kecil namun dilakukan secara rutin, seperti diantaranya adalah berjalan kaki, hal ini juga mampu untuk mengembalikan kemampuan fungsi tubuh tersebut. Setelah benar-benar dapat bergerak maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan olahraga secara rutin, olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama adalah untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh agar aliran darah menuju ke otak juga berlangsung secara optimal.
Itulah setidaknya beberapa terapi stroke di rumah yang bisa Anda terapkan, kombinasikan semuanya untuk hasil yang lebih optimal. Nyatanya penyakit yang satu ini juga ada yang menyerang orang-orang muda, untuk itu sejak dini alangkah baiknya melakukan tindak pencegahan dengan menjalani gaya hidup yang sehat, agar bisa terhindar.

0 komentar:

Posting Komentar