Pengecekan mobil

Membeli mobil bekas memang tidak sesederhana membeli mobil baru. Penyebabnya, karena pada umumnya calon pembeli tidak tahu riwayat dari mobil yang hendak dibeli. Padahal, jika ada kondisi kerusakan, dampaknya bisa sangat berpengaruh pada biaya perawatan mobil tersebut di masa mendatang. 

Dari berbagai kerumitan saat memilih mobil bekas, belakangan telah bermunculan  jasa inspeksi mobil bekas.  Jasa ini menawarkan pemeriksaan mobil bekas secara menyeluruh, mulai dari mesin, interior, eksterior, sampai surat-surat kendaraan. 

Sejauh mana jasa inspeksi ini membantu calon pembeli? Berikut ini berbagai pertimbangan sebelum menggunakannya:

#1: Meminimalkan potensi kerugian 
Mobil bekas yang dijual di pasaran, biasanya sudah dipoles sedemikian rupa, sehingga terlihat bagus dan tidak bermasalah. Padahal, justru dengan tampilan yang kinclong seperti itu, kita harus tetap cermat dalam memilih dan tidak mengabaikan pemeriksaan. 

Membeli mobil bekas tanpa diperiksa, ibarat seperti membeli kucing dalam karung! Sebab, kita tidak pernah tahu potensi kerusakan apa yang ada pada kendaraan di masa depan. Bukan tidak mungkin, mobil baru kita pakai sebentar ternyata sudah banyak komponen yang harus diservis atau part yang diganti. 

#2: Tidak tertipu penjual “bodong”
Memang tidak semua penjual mobil mempunyai itikad  tidak baik. Namun tidak ada salahnya berhati-hati, karena kita sehari-hari memang tidak berkecimpung di bisnis ini. Bisa saja, karena melihat calon pembelinya benar-benar awam, maka timbul niat dari penjual untuk mengambil keuntungan lebih. 

Perlu diingat, bisnis jual-beli mobil bekas pada umumnya melibatkan banyak pihak. Ada orang yang mencari mobil dan melakukan penawaran, lalu ada pihak lain yang memiliki modal dan showroom. Sementara biasanya calon pembeli biasanya hanya sendirian. Di sinilah pembeli butuh dukungan jasa inspeksi. 

#3: Membantu menentukan keputusan 
Di tengah perburuan mobil bekas, tentu akan lebih baik jika kita menggunakan pertimbangan yang rasional dan matang dalam mengambil keputusan. Sayangnya, hal ini sulit terjadi, lantaran serta merta kita dihadapkan pada beberapa pilihan. Padahal waktu kita sendiri terbatas untuk menganalisa. 

Dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas, kita akan memperoleh masukan informasi dari mekanik profesional dan independen. Hasil pemeriksaan juga disajikan secara terukur, sehingga kita bisa memperbandingkan dan memutuskan dengan tenang mana yang terbaik. 

#4: Ada layanan tambahan yang memudahkan
Tidak hanya pengecekan kondisi, jasa inspeksi mobil bekas juga memberikan berbagai layanan tambahan untuk memudahkan calon pembeli. Salah satunya, berupa pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan yang tentunya tidak boleh terlewatkan.

Dengan bantuan inspektor ini, maka kita calon pembeli bisa menghemat waktu. Hasilnya juga bisa dijamin lebih akurat. 

#5: Hasil pemeriksaan independen dan terpercaya
Dalam bekerja, inspektor menggunakan standar pengukuran dan peralatan yang terkalibrasi dengan baik. Dari prosedur ini, akan didapat hasil pemeriksaan yang akurat dan menggambarkan kondisi mobil yang sebenarnya. 

Jasa inspeksi mobil bekas merupakan pihak independen yang memberi laporan secara objektif. Dalam pemeriksaan, inspektor tidak akan dipengaruhi oleh pihak manapun dalam menentukan kondisi suatu mobil. Hasil pemeriksaan tentu lebih dapat dipercaya.  

Kapan Sebaiknya Kita Melibatkan Jasa Inspeksi Mobil?

Memang melakukan pengecekan terhadap mobil bekas yang hendak dibeli butuh sedikit upaya. Selain itu, kita setidaknya juga harus punya sedikit pengetahuan tentang hal-hal teknis, mengingat mobil merupakan benda yang sarat dengan teknologi.

Agar kita benar-benar yakin akan kondisi mobil, maka sebaiknya manfaatkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman seperti Otospector. Pengecekan mobil yang dilakukan secara menyeluruh dan independen ini menjamin mobil yang Anda dapatkan, sesuai dengan harapan. 

0 komentar:

Posting Komentar