Sumber : baktikominfo.id
Kamu pasti akan langsung membeli harddisk laptop atau komputer external ketika HDD internal sudah penuh dengan file-file? Nggak seperti dulu, kini hard disk eksternal bisa kita jumpai dengan berbagai pilihan kapasitas mulai dari 500 GB, 1TB hingga 2TB. Jadi, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kantong. 

Tapi sebelum kamu memilih untuk membeli harddisk eksternal, kamu perlu tahu tipsnya sob. Selain bisa mendapatkan barang yang diinginkan, kamu juga nggak bakal menyesal nanti. Selain itu, performa harddisk kamu juga bakal lebih maksimal lagi. So, Let's scroll down!

1. Pastikan kapasitas penyimpanannya sesuai dengan kebutuhan kamu

Sumber : jagatreview.com
Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan kamu saat ingin membeli harddisk baru adalah kapasitas ruang penyimpanan pada HDD tersebut. Pada umumnya hard disk eksternal tersedia di pasaran dengan kapasitas mulai dari 500 GB, 1TB hingga 2TB. Selain itu harga hard disk ini pun juga bermacam-macam sesuai dengan kapasitasnya. 

Untuk kapasitas hard disk 500GB biasanya dibanderol harga sekitar Rp 600 hingga Rp 700 ribu. Sedangkan untuk harga hardisk 1 tera dibanderol harga mulai Rp 700 hingga Rp 1 juta. Untuk budget Rp 1,4 juta kamu akan mendapatkan harddisk berukuran 2 TB sob. Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa membeli hard disk ukuran 4TB dengan harga jual Rp 2 juta. Akan tetapi semua itu tergantung dari merk juga, semakin bagus merknya maka harga yang ditawarkannya pun tinggi. Nah, jangan lupa tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu ya sob!

Nah, kalo buat anak sekolah atau mahasiswa yang dimana harus menyimpan file-file tugas pilihan hard disk eksternal berkapasitas 500GB atau 1TB sudah sangat cukup. Beda lagi kalau kamu suka mengoleksi banyak film maupun hobi fotografi yang dimana harddisk kapasitas lebih besar harus ada.

2. Cek kecepatan rotasi harddisk 

Sumber : calonpintar.com
Dari banyaknya pembeli, pasti mereka jarang mengetahui tentang hal ini. Yang dimana harddisk memiliki satuan RPM atau revolusi per menit. RPM ini menjadi satuan kecepatan sebuah harddisk dalam memproses data yang berada di dalamnya. Kecepatan sebuah harddisk pun juga bermacam-macam mulai dari 4200, 5400, 7200 sampai 10.000 RPM. Semakin besar angka RPM yang tertera pada harddisk tersebut maka bisa dibilang kecepatan proses datanya akan semakin cepat pula. 

Kalau cuma untuk kebutuhan standar seperti menyimpan file-file tugas, harddisk dengan RPM 5400 sudah mumpuni. Sedangkan untuk para gamers, desain grafis, pengedit foto maupun video, sangat disarankan untuk menggunakan harddisk dengan kecepatan 7200 hingga 10.000 RPM. Hal ini dikarena saat digunakan untuk game dan lainnya kinerjanya semakin berat daripada aktivitas lain seperti mengetik maupun menonton film.

3. Pastikan cek juga cache size 

Sumber : pcguide.com
Hal lain yang perlu kamu cek adalah aspek cache sizenya. Kamu harus mempertimbangkan hal ini yang dimana cache size itu digunakan sebagai memori sementara untuk membaca dan menulis data sebelum masuk ke penyimpanan permanen pada piringannya. Kinerjanya hampir sama seperti halnya RAM pada ponsel atau laptop

Semakin besar kapasitas cache sizenya maka kinerjanya akan lebih baik, apalagi kalau harddisk digunakan secara terus menerus seperti untuk server. Tapi, untuk yang sering digunakan untuk kebutuhan berat tipe harddisk nya berbeda lagi, cukup dengan cache size ukuran standar saja. 

Nah, itulah 3 hal yang perlu kamu perhatikan sob sebelum membeli harddisk. Pastinya kalau sudah tahu 3 hal diatas kamu nggak bakal nyesel deh. Jadi tetap pilih harga hardisk yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu, ya!

0 komentar:

Posting Komentar