Naik Kereta Api dari Jakarta ke Solo

Surakarta atau Solo termasuk kota tua yang awalnya sempat menjadi sebuah kota perdagangan dan industri nomor wahid di tanah air, baik di masa sebelum maupun sesudah kemerdekaan Republik Indonesia. Sampai saat ini, kota Solo bahkan tetap menjadi tujuan para pedagang sebagai kota penyuplai berbagai macam produk tekstil, berupa kain batik model cap sampai tulis, sprei, daster, dan sebagainya. Sejak awal pembangunannya, kota Solo memang telah memfokuskan dirinya agar bisa mengembangkan kotanya sebagai kota industri tekstil dan perdagangan. 

Kehadiran jalur transportasi kereta api dari Jakarta ke Solo memberikan kemudahan tersendiri, baik bagi para pedagang yang ingin mengambil produk tekstil di Solo, ataupun bagi para wisatawan. Mengingat selain sebagai kota industri tekstil, Solo juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Adapun kehadiran transportasi kereta api dari Jakarta ke Solo yang telah tersedia, diantaranya kereta api kelas bisnis, ekonomi, hingga kelas eksklusif. Hal ini tentu saja semakin membuat arus urusan perdagangan antara kota Jakarta dan Solo tetap berjalan lancar. 

Kereta Api dari Jakarta – Solo 
Bagi yang merencanakan perjalanan dengan naik kereta dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, maka kami akan berikan sedikit informasi mengenai panduan perjalanan yang akan Anda lakukan. PT. KAI sendiri telah menyediakan beberapa jenis armada transportasi kereta api untuk melayani perjalanan Anda dari kota Jakarta ke kota Solo atau sebaliknya. 

Kereta api dengan layanan perjalanan rute jurusan kota Jakarta ke Solo meliputi beberapa rute dan jenis. Ada kelas bisnis, kelas ekonomi, dan kelas eksklusif yang melayani perjalanan jurusan tersebut. Keberangkatan armada kereta api dari kota Jakarta ke kota Solo dapat melewati 2 stasiun, diantaranya stasiun Jakarta Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Sementara itu, kedatangannya sendiri bisa lewat stasiun Solo Jebres atau stasiun Solo Balapan. 

Apabila Anda berencana melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta ke kota Solo lewat stasiun Gambir Jakarta, Anda bisa memakai kereta api kelas eksklusif Argo Lawu dengan pemberangkatan dari arah stasiun Gambir sendiri dimulai pada jam 20.20 malam. Selain itu, alternative lainnya bisa memakai kereta api kelas eksklusif dari Argo Dwipangga dengan keberangkatan pada pukul 08.15 pagi dan kereta api kelas eksklusif Gajayana dengan pemberangkatan pada pukul 17.50 sore. 

Sedangkan, apabila Anda akan melakukan perjalanan dengan kereta api dari Jakarta ke Solo dengan pemberangkatan lewat stasiun Pasar Senen Jakarta, maka Anda bisa memakai kereta api kelas bisnis dari Senja Utama Solo dengan awal pemberangkatan dari Pasar Senen jam 22.10 malam. Selain itu, kelas ekonomi AC juga telah tersedia dengan menggunakan kereta api Matarmaja dengan pemberangkatan pada pukul 15.15, tapi dengan kedatangan di Solo Jebres. 

Ulasan Tentang Stasiun di Kota Solo
Seperti kita ketahui, bahwa di kota Solo sendiri ada 2 stasiun yang melayani kedatangan jalur kereta api dari Jakarta, diantaranya sebagai berikut :
  • Stasiun Solo Balapan
Stasiun ini biasa dikenal sebagai Stasiun Balapan, dimana stasiun kereta api ini sebenarnya sudah beroperasi dari tahun 1873. Berdasarkan tahun operasinya, tak heran jika stasiun ini dikatakan sebagai stasiun kereta api terbesar dan tertua di Surakarta, juga di bagian selatan jawa Tengah. Stasiun Balapan terletak di Jl. Wolter Monginsidi Nomor 112, Kestalan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Dimana lokasinya berada di bagian barat Pasar Ayu Balapan.
  • Stasiun Jebres
Stasiun Jebres di Solo sendiri adalah stasiun KA kelas 1 berlokasi di Purwodiningratan, Jebres, Surakarta. Sebelum adanya Stasiun Purwosari sebagai tempat pemberhentian jalur KA jarak jauh, seluruh kereta api ekonomi yang melalui jalur Solo Madiun, Yogyakarta – Solo dan Semarang – Solo berhenti di Stasiun Jebres. Akan tetapi, sejak bulan Februari 2014 stasiun ini sudah tak lagi digunakan untuk pemberhentian jalur Kereta Api dari ketiga jurusan tersebut. Tapi, saat ini stasiun Jebres dijadikan sebagai tempat pemberhentian atau kedatangan dari jalur Jakarta – Solo. 

Itulah informasi mengenai perjalanan dari kota Jakarta ke Solo menggunakan kereta api, sekaligus sedikit ulasan mengenai Stasiun Balapan dan Stasiun Jebres yang ada di kota Solo. Semoga ulasan di atas, bisa membantu Anda untuk melakukan pemberangkatan dari Jakarta ke Solo memakai kereta api.

0 komentar:

Posting Komentar