Karawang Berbenah Menjadi World Class Industrial Estate

Potensi Kabupaten Karawang untuk menjadi salah satu kawasan pusat industri di Indonesia, terus digali berbagai pihak. Sejak tahun 2012 sejumlah perusahaan besar berbondong-bondong berinvestasi disana, termasuk upaya untuk menjadikannya sebagai World Class Industrial Estate, yang diprediksi akan menjadikannya semakin berkelas.

Adalah Karawang New Industrial City (KNIC) yang mencoba menawarkan sebuah penataan daerah berbasis internasional di sana. Alasannya karena Karawang merupakan salah satu pusat lalu lintas  ekonomi yang menghubungkannya ke berbagai daerah dengan mudah. 

Ini “Wajah” Karawang Masa Depan

Beberapa hal signifikan akan segera merubah “wajah” Karawang, menjadi kawasan dengan fasilitas berskala internasional. KNIC Karawang secara gamblang menyebut ada sepuluh poin penting memoles Karawang hingga siap menjadi pusat industri.
  • Dimulai dari pembangunan jalan utama dan jalan sekunder yang luas yaitu 20 hingga 45 meter. Pengelolaan air juga jadi perhatian, yaitu adanya instalasi yang menghasilkan 4.320 meter kubik air perhari. Juga aka nada instalasi untuk mengolah limbah, karena sebagai kawasan industri, pabrik-pabrik akan memproduksi limbah dari pekerjaan mereka, kapasitasnya mencapai 5.000 meter kubik perhari.
  • Jaringan komunikasi juga akan menjadi luar biasa, dengan adanya 14.000 jalur dengan jaringan fiber terbaik, hal yang sangat penting bagi sebuah World Class Industrial Estate. Servis terbaik PLN sebagai pemasok listrik juga dipastikan ada disana, termasuk di dalamnya lampu jalan dengan jarak maksimal 40 meter pertiangnya. Pemadam api juga jadi perhatian serius, untuk mengatasi bencana kebakaran.
  • Masalah keamanan juga akan dimaksimalkan disini, dimana KNIC Karawang membuat sistem keamanan 24 jam plus ketersediaan energi terbarukan dari gas alam yang dimiliki sejumlah perusahaan dengan sistem pipa bawah tanah.
Akan sangat bangga menjadi bagian dari perubahan mencengangkan melihat Karawang menjadi World Class Industrial Estate dengan berbagai fasilitas hebatnya. Jika berjalan sesuai jadwal tahun 2025 masyarakat sekitarnya dan Indonesia akan menjadi saksi terbentuknya kawasan berkelas dunia di bumi pertiwi, yang pastinya akan berkesinambungan untuk daerah daerah hebat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar