Yuk, Intip Cara Merawat Kabel USB Agar Tahan Lebih Lama!
sumber : idntimes.com
Semenjak mempunyai gadget, kira-kira seberapa banyak kamu menggonta-ganti kabel USB lantaran sering putus atau rusak? Pernah tidak? Penasaran kenapa kabel USB kamu bisa cepat putus dan rusak? Karena sebenarnya sudah banyak faktor yang mempengaruhi kabel USB kamu sering putus dan rusak. Berikut adalah tips-tips merawat kabel USB supaya tidak mudah putus dan rusak.

● Hindari dari tekukan tajam

Hindari dari tekukan tajam
Sumber: indtimes.com
Yang paling sering bermasalah pada kabel USB adalah pada bagian dalam kabel yang sering putus serta umumnya berada di dekat port USB karena bagian ini adalah bagian paling rentang akan putus dari kabel USB. Tidak hanya itu, pembengkokan pada kabel yang parah membuat lapisan di bagian luar akan mengalami terkelupas. Jadi cobalah untuk membuat kabel USB kamu agar tidak terlalu sering menekuk.

Tidak menyatukan kabel USB ke dalam tas yang banyak dengan barang bawaan

Tidak menyatukan kabel USB ke dalam tas yang banyak dengan barang bawaan
Sumber: indtimes.com.com
Bagi kamu yang sering bepergian jauh dan membawa barang begitu banyak sekaligus mencampur kabel USB dengan barang bawaan akan membuat kabel USB cepat rusak atau putus dikarenakan tekukan dan ditindih. Semua kabel jenis apapun akan mengalami kerusakan karena kejadian ini, biasanya tidak langsung rusak  namun perlahan pasti akan mengalami kerusakan.

● Tidak mengikatkannya dengan keras ke sebuah barang objek

Tidak mengikatkannya dengan keras ke sebuah barang objek
Sumber: indtimes.com
Sudah banyak orang yang sering melakukan dengan mengikat kabel USB kepada barang yang sering dipakai, seperti kepala charger atau power bank. Padahal mengikatkannya seperti ini akan membuat kabel USB mengalami tekukan dan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam kabel serta mengurangi keawetan. Cara paling jitu yaitu, dengan mengikat kabel menggunakan coil wrapping.

● Memakai klip kabel

Memakai klip kabel
Sumber: indtimes.comieeco.com
Semua kabel usb to usb pastinya sudah mendapatkan pengikat kabel yang sudah diberi oleh perusahaan pembuat kabel USB. Hal ini bukan sekedar pengemasan, kamu juga bisa menggunakan benda ini untuk membantu merapikan kabel USB, khususnya ketika bepergian jarak jauh. Kamu bisa membuatnya untuk membentuk sebuah ikatan sederhana yang akan menghindari kabel ini dari sudut-sudut lancip.

Hindari dari hewan peliharaan

Hindari dari hewan peliharaan
Sumber: indtimes.com
Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan, kabel USB kamu akan menjadi sebuah incaran paling empuk sebagai mainannya serta akan langsung merusak kabel USB kamu. Sebaiknya kamu menghindari benda ini atau menjauhkannya dari hewan peliharaanmu. Satu lagi yang bisa kamu lakukan yaitu mengoleskan kabel itu dengan cairan yang tidak disukai hewan peliharaanmu.

Memilih atau membeli kabel yang lebih panjang

Memilih atau membeli kabel yang lebih panjang
Sumber: indtimes.com
Cara ini adalah cara paling sederhana yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Dengan memilih kabel yang jauh lebih panjang, kegiatan dalam menggunakan gadget akan menjadi lebih leluasa hingga tak akan merusak sebuah kabel. Kamu pasti akan keluar biaya lebih banyak dan lebih repot lagi jika selalu membawanya kemanapun kamu pergi, tapi hal ini jauh lebih baik ketimbang harus sering mengganti kabel.

Memberikan plester

Memberikan plester
Sumber: indtimes.com
Menggunakan plester listrik akan membuat penampilan kabel kamu menjadi tidak enak saat di pandang. Tapi, dengan menambahkannya ke kabel hal ini akan membuat umur kabel USB kamu menjadi lebih panjang. Dengan meletakan di ujung bawah port USB atau di bagian terlemah kabel akan menjadi lebih kuat. Tentu saja hal ini akan dapat berlaku untuk bagian kabel yang telah terkelupas sehingga akan membuat umur kabel USB menjadi lebih awet.

Semoga tips sederhana di atas bisa berguna dengan baik. Yuk, langsung saja mencobanya!

0 komentar:

Posting Komentar