Perangkat komputer lengkap

Saat ini, komputer seakan sudah menjadi barang yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Bahkan, kini semua pekerjaan dan proses belajar, pasti menggunakan komputer. Namun, tahukah Anda fungsi komputer secara umum yang sebenarnya apa saja? Secara, anak IT tentunya wajib tahu, karena hal ini sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda bisa dapat pekerjaan jurusan IT yang keren dan bergaji tinggi. 

Dengan beragam manfaatnya, kini komputer sering kita jumpai di hampir semua tempat, seperti supermaket, kantor, bank, sekolah, bahkan di tempat parkir sekalipun. Bahkan, kini komputer wajib dimiliki setiap orang, dan menjadi barang pribadi yang memiliki privasi. 

Memang, apa sih fungsi sebenarnya komputer secara umum? 

Untuk para anak IT dan kita semua, komputer yang sering digunakan secara umum merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa latin, yakni computare yang artinya menghitung. Sedangkan dalam bahasa Inggris bisa disebut to compute, di mana pada awal terciptanya, komputer hanya ditujukan untuk melakukan perhitungan atau sebagai alat hitung mekanis. 

Sangat mendasar, pengertian komputer ini seharusnya memang wajib diketahui anak IT, terlebih pengertian komputer dari para ahli dunia lainnya. Apalagi untuk pekerjaan jurusan IT kini sudah sangat banyak dan beragam, apalagi kini banyak terobosan-terobosan baru, sehingga fungsi komputer semakin bertambah. 

Secara umum pula, fungsi komputer sangat membantu aktivitas manusia, seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Data Input (Data Entry)

Selain menggunakan kertas dan pensil, komputer justru lebih memudahkan dalam kegiatan menginput data atau informasi dari sumber luar, seperti angka, nominal uang, nama, dan lain-lain. 

2. Data Processing (Pengolahan Data)

Tidak hanya menginput, fungsi komputer selanjutnya adalah melakukan pemrosesan. Pasalnya, berbagai macam data dan informasi merupakan data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses oleh komputer akan menghasilkan data output berupa informasi, seperti teks, gambar, audio, video, grafik dan lain-lain. 

Sebelumnya komputer juga memiliki bagian penting, di mana bagian ini berfungsi sebagai otak dari komputer, yang bekerja melakukan pemrosesan yakni CPU. 

3. Data Storage

Data storage merupakan tempat untuk menyimpan informasi. Namun, di dalam komputer untuk proses penyimpanan data dilakukan berbeda-beda, tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Karena, pengguna bisa menyimpan data di internal komputer atau di eksternal seperti memori atau flashdisk, di mana nantinya data tersebut bisa ditemukan dan digunakan kembali. 

4. Data Output

Apapun bentuk data yang telah diproses dalam komputer, hasil nantinya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Misalnya dari data outpun yaitu sebagai file audio, hard copy yang diprint ke kertas, bahkan dicetak menjadi model 3D dan lain-lain. 

Selain untuk mmeudahkan pekerjaan, komputer kini juga digunakan untuk beragam macam kegiatan yang tidak monoton. Seperti misalnya untuk pengendali atau controling, alat hiburan untuk menonton film streaming, mendengarkan lagu, mengedit video dan lain-lain, serta untuk sarana komunikasi. Namun, dalam hal komunikasi, komputer harus disambungkan dengan jaringan internet. 

Nah, itulah beberapa fungsi dari komputer yang wajib Anda dan anak IT ketahui. Karena, sekarang ini kegiatan kita tidak akan pernah terlepas dari komputer. Apalagi jika Anda ingin bekerja di tempat yang memiliki kecanggihan komputer beserta program-program barunya. 

Karena, ada beberapa pekerjaan jurusan IT yang menjadi rebutan banyak mahasiswa lulusan jurusan IT. Tidak hanya keren, beberapa pekerjaan jurusan IT ini juga memiliki gaji besar dan kantor yang moden. 

Apa saja sih pekerjaan jurusan IT yang bisa dipilih para calon lulusan jurusan IT? 5 pekerjaan jurusan IT keren dan banyak dibutuhkan ini, bisa Anda baca di link artikel berikut ini: 

0 komentar:

Posting Komentar