Kenali Jenis-Jenis Asuransi Sebelum Mengasuransikan Mobil Anda

Menggunakan asuransi untuk kendaraan Anda tentu sangat dianjurkan, apalagi jika Anda menginginkan perlindungan dan keamanan untuk kendaraan kesayangan Anda. Kendaraan yang umumnya diasuransikan yaitu mobil karena kendaraan tersebut memiliki biaya yang cukup besar jika mengalami kerusakan. Namun, dengan menggunakan asuransi kendaraan MSIG, Anda bisa berkendara tanpa cemas karena Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya kerugian yang sewaktu-waktu mungkin akan terjadi.

Dalam mengasuransikan mobil tentu saja harus diimbangi dengan berbagai pertimbangan. Anda harus mempertimbangkan perusahaan mana yang akan Anda pilih. Anda harus memilih perusahaan yang terpercaya, memiliki reputasi baik serta memiliki pelayanan yang memuaskan. Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati pelayanan asuransi yang sesuai dengan yang Anda harapkan.

Selain mempertimbangkan perusahaan, Anda juga harus memperhatikan jenis asuransi apa yang akan Anda gunakan untuk kendaraan Anda. Hal ini sangat penting agar nantinya semua fasilitas yang disediakan oleh perusahaan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga premi yang seimbang untuk perlindungan mobil Anda jika Anda memilih jenis asuransi kendaraan yang tepat. 

Bagaimana cara memilih jenis asuransi yang tepat?

Dengan memilih jenis asuransi yang tepat, maka mobil Anda pun akan mendapatkan perlindungan dan perawatan yang tepat juga. Hal ini tentu saja tidak bisa disepelekan agar klaim asuransi nantinya bisa sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk memilih jenis asuransi yang tepat, maka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis asuransi tentunya harus didasarkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mobil Anda, seperti tahun produksi mobil, kondisi mesin, kondisi bodi mobil, dan lain sebagainya.

2. Pilih jenis asuransi yang memiliki keuntungan lebih. Setiap jenis asuransi kendaraan, tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Anda bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda sekaligus memberikan keuntungan lebih.

3. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kemampuan pembayaran. Anda sebaiknya memilih asuransi dengan biaya premi yang bisa Anda jangkau. Jangan pernah memaksakan diri untuk mengambil biaya premi yang tinggi karena khawatir Anda tidak akan bisa membayarnya di tengah jalan.

4. Ikuti saran teman atau keluarga. Jika Anda kebingungan untuk memilih jenis asuransi mana yang cocok, maka Anda bisa meminta rekomendasi atau saran dari teman Anda maupun keluarga yang pernah menggunakan asuransi kendaraan.  

Apa saja jenis-jenis asuransi kendaraan?

Di bawah ini adalah jenis-jenis asuransi kendaraan yang bisa jadi referensi untuk Anda. Berikut ulasannya.

1. Asuransi Total Lost Only (TLO)
Jenis asuransi ini bisa Anda gunakan jika ingin mendapatkan ganti rugi untuk kehilangan akibat pencurian atau akibat kerusakan di atas 75%, misalnya. Jika kerugian yang Anda dapatkan tidak mencapai 75%, maka Anda tidak bisa mengklaim biaya ganti rugi tersebut. Keuntungannya, asuransi ini memiliki premi lebih rendah dibandingkan dengan jenis satunya lagi. Oleh karena itu, sesuaikan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan.

2. Asuransi All Risk
Jenis asuransi yang kedua yaitu All Risk yang mencangkup semua resiko kerugian. Asuransi ini akan membayar setiap kerugian yang dialami oleh mobil Anda, seperti kerusakan yang ringan, kerusakan berat akibat kecelakaan, kehilangan, dan lain sebagainya. Namun, biaya premi asuransi ini lebih mahal dari asuransi TLO.

Demikianlah beberapa jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda gunakan. Sebelum beli asuransi mobil,  jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan jenis asuransi kendaraan mana yang cocok untuk mobil Anda agar manfaat yang dirasakan bisa sesuai dengan ekspektasi.

0 komentar:

Posting Komentar