Cara Sederhana untuk Membantu Pertumbuhan Bayi

Orangtua memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung tumbuh kembang anak, bahkan sejak ia berada di dalam kandungan.  Stimulasi tepat sesuai masa pertumbuhan bayi dari bulan ke bulan akan membantu buah hati Anda mencapai perkembangan optimalnya

Saat bayi baru lahir ada beberapa cara sederhana yang dapat orangtua lakukan untuk membantu perkembangan bayi mulai usia satu bulan hingga satu tahun.

Usia 1 Bulan
Pada usia 1 bulan biasanya si bayi baru bisa melihat dalam jarak dekat, sekitar 8-15 inci (20-40 cm). Saat matanya mulai berkembang, maka ia akan senang mencoba berfokus pada wajah Anda. Jadi, saat ia terjaga, cobalah untuk bicara dalam jarak dekat dengannya.

Usia 2 Bulan
Bantu bayi Anda untuk mengembangkan otot tangannya dan indera penglihatannya dengan membantu membuat gerakan tepuk tangan dengan kedua telapak tangannya sambil bernyanyi. Seiring waktu, ia akan mencoba mengikuti gerakan dan suara Anda, sekaligus mengembangkan koordinasi tangan-mata dan bahasa.

Usia 3 Bulan
Di bulan ke 3 ini, bayi akan mulai mencoba menggunakan tangannya untuk bermain, tak heran jika ia mulai menjatuhkan atau mencoba menggenggam barang-barang di sekitarnya. Dukung tahapan ini dengan memberinya mainan bunyi-bunyian dan yang membantunya belajar menggenggam.

Usia 4 Bulan
Pada tahapan ini, kemampuannya untuk bersosialisasi, motorik, dan berbahasa mulai mengalami peningkatan. Si bayi akan menunjukkan emosinya dengan mencoba menimbulkan suara dengan mulutnya dengan suara yang ceria untuk menunjukkan rasa bahagia ketika diberikan mainan, atau menggerutu dan menangis marah ketika mainannya Anda ambil.

Usia 5 Bulan
Di usianya ini, kemampuan telinga dan matanya sudah mulai berfungsi seperti Anda. Ia pun akan mulai menggumam tak jelas dan berusaha menyebut papa atau mama. Cobalah untuk bicara kepadanya dan mengajar kata-kata yang mudah untuk diucapnya untuk mengajaknya berkomunikasi.

Usia 6 Bulan
Tidak lama lagi, si anak akan belajar untuk belajar duduk dan bergerak. Biarkan ia berusaha bergerak sendiri dengan membuatnya dalam posisi tengkurap. Berikan mainan di depannya, dan buat ia agar ingin meraih benda tersebut.

Usia 7 Bulan
Di bulan ketujuh ini, perkembangan tangannya mulai tampak. Khususnya gerakan menggenggam dan mencubit. Stimulasi kemampuan motorik halusnya dan koordinasinya ini dengan membuatnya mau mengambil barang kecil untuk ia coba raih. Misal, dengan mencoba mengambil sendok plastik atau cangkir kecil.

Usia 8 Bulan
Waktunya untuk menstimulasi kepandaian spasial dan pengucapan. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberinya mainan mencocokkan balok besar, atau coba tanyakan kepada si bayi “Mana hidung Adik?”.

Usia 9 Bulan
Si kecil akan mulai merasa senang dengan benda-benda berengsel dan cara kerjanya. Lihatlah betapa senangnya ia dengan buku yang kulit mukanya yang terbuat dari karton kaku, pintu lemari, boks dengan kuping penutupnya, atau dengan mainan yang bisa dibuka-tutup.

Usia 10 Bulan
Si kecil akan menyukai permainan mencari barang yang tersembunyi. Latihlah saraf motorik halusnya dengan bermain dan mencari – cari benda yang hilang.

Usia 11 Bulan
Tetap ajarkan cara berkomunikasi dan berbahasanya dengan permainan dan lagu-lagu. Kemampuan berbahasanya terbentuk melalui interaksi dengan manusia lain, bukan lewat acara televisi, jadi upayakan untuk berbicara dengan si kecil sesering mungkin.

Usia 1 Tahun
Saat si kecil berusia satu tahun, ia sudah mulai  terampil bukan hanya dari berbagai gerakan yang dilakukan saja, tetapi dari segi bahasa dan kosa kata yang akan dikatakan oleh bayi. Bayi juga sangat lincah dalam menerima informasi dari ibunya dan dia akan segera menirukannya.

0 komentar:

Posting Komentar