Cara Sablon Kaos Polyflex Menggunakan Setrika Listrik

Sablon kaos telah memiliki beragam jenis metode yang dipraktikkan saat melakukan cetak kaos bergambar. Adapun jenis - jenis metode yang sering digunakan untuk sablon kaos seperti sablon printer dtg, sablon manual, dan juga sablon polyflex atau sablon transfer papper. Mungkin bagi masyarakat umum sablon dtg dan sablon manual sudah tidak asing lagi. Namun, masih perlu dipertanyakan seperti apakah sablon bahan polyflex tersebut?

Sablon bahan Polyflex
Sablon kaos dengan bahan polyflex merupakan sablon yang menggunakan bahan polyflex atau sejenis polyflex dengan tekstur yang berbeda beda. Polyflex sendiri merupakan bahan sejenis sticker atau vinyl yang memiliki tekstur yang elastis sehingga tahan terhadap tarikan kaos. Proses sablon kaos polyflex juga sangat mudah diaplikasikan. Anda bisa temukan tempat jual polyflex via online.

Sablon dengan menggunakan bahan polyflex memiliki beragam jenis pilihan bahan polyflex yang berbeda, sehingga akan menambah nilai seni pada kaos dengan tekstur bahan polyflex yang beragam dan unik. Sablon polyflex ini terbilang cukup awet jika diaplikasikan pada kaos maupun pada jaket. Namun apakah bisa proses penyablonan dilakukan menggunakan setrika listrik?

Cara Sablon Kaos Polyflex Dengan Setrika Listrik

Salah satu metode sablon digital yang dapat dikerjakan secara mudah dan murah adalah dengan menggunakan bahan Polyflex. Material ini sangat disukai oleh para pengusaha sablon kaos. Selain karena harganya cukup murah, polyflex juga terkenal memiliki karakter material yang lentur dan tahan lama, serta dengan hasil akhir yang berkualitas.

Polyflex membutuhkan daya panas yang cukup tinggi agar meresap ke serat kain. Hal ini sering dilakukan oleh tukang sablon profesional menggunakan alat hot press. Namun jika anda tidak memiliki alat ini anda bisa menggunakan setrika listrik dengan cara sebagai berikut. Secara prinsip proses penyablonan dengan menggunakan bahan polyflex dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah, yakni:

Cut atau pemotongan
Anda dapat menggunakan alat bantu berupa mesin cutting untuk memotong lembaran polyflex sesuai ukuran yang telah ditentukan. Adapun desain gambarnya bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi desain seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, dan lain-lain.

Peel atau pengelupasan
Setelah proses pemotongan selesai, Anda hanya tinggal membuka lapisan polyflex yang tidak terpakai. Lakukan secara perlahan untuk menghindari guratan atau kerutan pada hasil cetakan.

Press atau penekanan
Kalau biasanya proses press menggunakan mesin hot press atau mesin press kaos, kali ini kita ganti dengan setrika listrik. Caranya hampir sama yaitu letakkan polyflex diatas kaos lalu taruh kain teflon diatas polyflex.

Lalu tahan dan tekan setrika diatas kaos jangan di gosok-gosok, lakukan selama 15–20 detik untuk setiap bagian yang disetrika, dan ulangi ke bagian lainnya sehingga semua bagian terkena panas.

Setelah semua bagian kertas selesai di setrika diamkan hingga dingin sebentar lalu kelupas secara perlahan kertas yang menempel pada kaos dan kaos polos kini menjadi kaos sablon dengan polyflex.

Lihatlah hasil melalui gambar yang ada di dalam kaos Anda. Apabila gambar tidak mengelupas saat anda kibaskan maka gambar sudah melekat sempurna. Namun jika ada bagian samping dari gambar yang mulai mengelupas berarti setrika yang Anda gunakan kurang panas.

Tempelkan kembali polyflex lalu setrika kembali dan pastikan setrika anda dalam keadaan panas. Kemudian Anda akan melihat gambar anda lebih melekat dengan sempurna.

Nah itulah cara sablon kaos menggunakan setrika listrik. Mungkin tips ini dapat membantu anda yang butuh sablon dadakan namun tidak punya mesin hot press.

0 komentar:

Posting Komentar