Bawang Putih Bisa Meredakan Gejala Radang Tenggorokan?

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, bawang putih dianggap bisa meredakan gejala radang tenggorokan. Cek di sini. 

Bawang putih adalah bumbu wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain menciptakan sensasi gurih, bawang putih dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol. Nah, saat ini muncul juga anggapan bawang putih dapat pula meredakan radang tenggorokan. Benarkah?

Bawang putih memang memiliki sifat antibiotik. Akan tetapi, sifat tersebut belum pernah diindikasikan sebagai pengobatan infeksi bakteri. 

Akan tetapi, menurut sebuah artikel tinjauan tahun 2014 yang diterbitkan dalam “Annals of National Institute of Hygiene”, bawang putih memang menunjukkan aktivitas antibakteri in vitro terhadap beberapa bakteri Streptococcus (bakteri penyebab radang tenggorokan). Namun, belum bisa dipastikan apakah aktivitas itu berdampak positif pada radang tenggorokan atau tidak.

Namun dr. Atika dari KlikDokter, mengatakan bahwa kemampuan bawang putih dalam mengobati radang tenggorokan mesti ditinjau lagi.

“Sudah diteliti bahwa radang tenggorokan akibat infeksi bakteri sebaiknya disembuhkan dengan antibiotik,” kata dr. Atika. Tapi jika bakterinya tidak terlalu ganas dan daya tahan tubuh bagus, kata dia, radang tenggorokan akibat infeksi bakteri bisa sembuh dengan sendirinya.

Bahan alami pereda gejala radang tenggorokan

Selain dengan antibiotik, ada bahan-bahan alami yang biasa dipakai meredakan radang tenggorokan. Salah satunya, menurut dr. Melyarna Putri, M.Gizi, MPH dari KlikDokter, adalah jahe. Herbal rasa pedas ini memiliki efek antiperadangan sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada radang tenggorokan.

“Rasa nyeri yang timbul berasal dari reaksi imun tubuh terhadap infeksi. Dalam hal ini, jahe bisa memblokir protein proinflamasi di dalam tubuh sehingga nyeri dan gatal pada tenggorokan bisa berkurang,” ujar dr. Melyarna.

Selain jahe, herbal yang direkomendasikan dr. Melyarna untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan adalah kencur dan tanaman kremah atau kremo (dalam bahasa Jawa). Menurutnya, kencur dan kremah juga memiliki efek antiperadangan seperti jahe sehingga bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Bawang putih memang menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap beberapa bakteri penyebab radang tenggorokan. Akan tetapi, penelitian lanjutan tetap harus dilakukan untuk membuktikan hal ini. Lebih baik, Anda mengonsumsi herbal yang sudah terbukti meredakan gejala radang tenggorokan, seperti jahe, kencur, dan kremah. 

1 komentar: