Aksesoris Sepeda yang Wajib Dikenakan Saat Bersepeda

Sepeda merupakan salah satu hobi yang memiliki beberapa keuntungan sekaligus. Yang pertama tentunya membuat badan kita menjadi sehat. Selain itu, sepeda juga merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk segala usia karena tidak menuntut kerja ekstra pada persendian yang seringkali menjadi masalah seiring dengan bertambahnya usia. Bersepeda juga membuat pikiran kita menjadi fresh. Saat bersepeda, kita dapat melihat aneka pemandangan yang dapat merefresh pikiran kita.

Nah, tentunya suatu hobi biasanya tidak lepas dengan aksesoris yang terkait atau yang mendukung. Begitu pula dengan bersepeda. Ada beberapa aksesoris yang sebaiknya dikenakan saat bersepeda. Akesoris – aksesoris ini memiliki hukum yang berbeda – beda, mulai dari sunat hingga wajib. Aksesoris yang wajib dikenakan tentunya berkaitan dengan keselamatan saat berkendara.

Aksesoris Bersepeda yang Wajib Dimiliki oleh Goweser

Apa saja aksesoris – aksesoris yang dibutuhkan oleh goweser saat bersepeda? Berikut ini akseoris – aksesoris bagi para goweser versi gowespedia.com.

Helm Sepeda
Aksesoris ini hukumnya wajib bagi para pengendara sepeda. Hal ini berkaitan dengan keselamatan saat bersepeda. Kecelakaan memang bukan sesuatu yang diharapkan oleh siapapun. Namun demikian kita tidak bisa menghindari hal ini 100%. Oleh karena itu, kita hanya bisa mengantisipasi dan meminimalisasi resiko saat terjadi kecelakaan.

Dengan menggunakan helm, setidaknya kepala kita akan terlindung saat terjadi benturan. Dengan demikian, dampak yang terjadi akibat benturan tersebut dapat diminimalisasi. Artikel lebih panjang mengenai helm sepeda dapat dibaca pada artikel Pentingnya Helm Sepeda.

Jersey Sepeda
Penggunaan jersey sepeda ini hukumnya sunah. Menggunakan jersey yang didesain khusus untuk bersepeda akan menambah kenyamanan kita saat bersepeda. Salah satunya adalah masalah bahan jersey yang lebih cepat membuang panas tubuh kita.

Selain itu, jersey sepeda sangat penting bagi tampilan kita. Dengan menggunakan jersey sepeda, setidaknya kita akan terlihat lebih keren dibanding hanya menggunakan kaos oblong, hehehe. Oleh karenanya banyak komunitas yang bikin jersey sepeda agar dapat terlihat keren saat bersepeda bersama.

Sarung Tangan
Aksesoris ini merupakan salah satu yang seharusnya digunakan oleh para goweser. Biasanya, sarung tangan yang didesain khusus untuk bersepeda memiliki bantalan pada sisi telapak tangan. Hal ini bertujuan untuk menambah kenyamanan saat memegang grip sepeda. Selain itu, biasanya juga dibuat dengan bahan khusus yang membuat pegangan kita tidak licin.

Pada kegiatan sepeda off road, penggunaan sarung tangan juga sangat penting. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan tangan kita terluka karena ranting, batu, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan sarung tangan saat bersepeda.

Saat ini, sudah banyak beredar sarung tangan dengan berbagai merk dan kualitas. Pilihlah sarung tangan yang nyaman digunakan namun tetap dapat menjaga keselamatan tangan kita.

Lampu Sepeda
Pada saat siang hari, lampu sepeda tidak terlalu penting untuk digunakan. Namun lain halnya saat malam hari. Penggunaan lampu sepeda dapat meminimalisasi resiko kecelakaan. Kita mungkin sudah seringkali mendengan berita pesepeda ditabrak oleh kendaraan bermotor dikarenakan tidak terlihat oleh pengendara kendaraan bermotor. Kejadian – kejadian tersebut mayoritas terjadi saat hari gelap, baik pagi hari atau malam hari.

Oleh karena itu, bagi goweser yang hobi night ride, wajib hukumnya untuk senantiasa menyalakan aksesoris bersepeda berupa lampu ini. Dengan demikian, pengendara lain dapat mengetahui bahwa ada anda pada lajur tersebut.

Nah itulah beberapa aksesoris bersepeda yang sebaiknya dimiliki oleh paraaa goweser. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Tetap sehat dengan bersepeda, jaga keselamatan saat berkendara, salam gowes.

1 komentar: