4 Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet

4 Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet

Pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak hingga menembus 132,7 juta orang atau lebih dari separuh total populasi Indonesia. Dengan jumlah pengguna paling banyak yaitu 75,8% adalah orang berusia 25 tahun sampai 34 tahun.

Konten dalam bentuk gambar bergerak atau video, grafis atau foto, selain bentuk teks tulisan, kesemuanya membuat konsumsi kuota internet semakin boros. Jadi, tidak mengherankan apabila konsumsi data internet kamu semakin lama semakin cepat habis.

Beli paket data internet memang sangat mudah, namun ada juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar jika kuota kamu boros. Sedangkan di sisi lain, harga kuota internet semakin mahal. Nah, Agar tidak semakin membuat kantong kamu jebol, ketahuilah cara menghemat kuota internet berikut ini:

Jangan nyalakan semua aplikasi

Menyalakan data selular pada semua aplikasi di ponsel bisa membuat paket data kamu cepat habis. Lihatlah pengaturan pemakaian data seluler di smartphone dan nyalakan untuk aplikasi-aplikasi yang memang sering kamu gunakan. Misalnya, untuk aplikasi media sosial seperti Facebook yang sering kamu akses, aturlah agar menyala.

Sedangkan untuk aplikasi seperti Map bila memang kamu tidak setiap saat memakainya, lebih baik kamu matikan saja. Atau dengan mengubah ke mode offline saja agar tidak terus menerus menyedot paket data.

Bila kamu memakai iPhone, kamu bisa membuka Pengaturan, lalu buka Data Celullar. Geserlah kursor ke kanan menjadi hijau untuk menyalakan dan ke kiri untuk mematikan.

Cara ini sangat efektif menghemat kuota internet kamu sehingga tidak tersedot untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu sering kamu gunakan.

Pakai browser yang hemat

Browser atau peramban juga bisa membuat kuota internet kamu boros. Terutama browser bawaan dari ponsel pintar. Agar kuota internet kamu bisa lebih hemat, coba gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien dapat mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit.

Batasi pemakaian data tiap aplikasi

Para pengembang platform pastinya sudah memahami konsumsi data internet yang terlalu banyak dapat menyusahkan pengguna. Oleh sebab itu, banyak platform atau aplikasi menyediakan opsi menghemat konsumsi data. 

Misalnya, pada platform Android kamu dapat memanfaatkan fitur data ussage warning dan limit system. Dengan mengaktifkan opsi ini kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet melampaui batas.

Untuk beberapa aplikasi seperti WhatsApp, kamu dapat mengaktifkan pengaturan data dengan membuka Setting, lalu Data and Storage Ussage. Nonaktifkan media auto download. Misalnya, kamu sering berada di tempat dengan koneksi Wifi pilih saja download hanya saat ada wifi. 

Pengaturan panggilan di WhatsApp juga dapat kamu atur menjadi Low Data Ussage agar kuota internet tidak boros. Hanya saja efeknya kualitas panggilan melalui aplikasi ini berisiko kurang baik.

Matikan ponsel saat tidur

Rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk istirahat malam. Bayangkan bila kamu selalu membiarkan ponsel menyala saat tidur. Data internet terus tersedot meskipun kamu tidak sedang browsing atau memakai ponsel.

Jadi, jangan lupa selalu mematikan ponsel atau aktifkan fitur Airplane Mode sebelum kamu tidur. Cara ini lumayan menghemat kuota internet. Risikonya, bila kamu selama ini bergantung pada ponsel sebagai alarm bangun tidur, bisa-bisa kamu bangun kesiangan. Gunakan jam weeker saja agar lebih hemat. Dengan mematikan ponsel saat tidur, kamu juga tidak akan terganggu saat tidur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama